Tahun ini adalah tahun yang sangat menggembirakan bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, di tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah Sea Games ke-26. Sorak-sorai pendukung TimNas baik dari sepak bola, bulutangkis, hingga volley berdengung dimana-mana. Demam SeaGames ini tidak hanya melanda kaum tua, tetapi anak-anak juga heboh membicarakannya.

Pembukaan SeaGames yang berlangsung di Palembang juga sangat megah dan meriah, membuat kita yang menonton di televisi menjadi iri karena tidak bisa melihat secara langsung. Tapi sayang SeaGames yang diadakan di dua tempat yang berbeda menuai beberapa kritikan, seperti sindiran dari Charoen Wattanasin, wakil presiden Komite Olimpiade Nasional Thailand sebagaimana dikutip Bangkok Post “Menggelar even ini di dua kota adalah melawan piagam SEA Games yang berusaha mempromosikan kebersamaan di antara para partisipan.” Tapi tujuan dari Indonesia sebenarnya adalah untuk mempromosikan daerah Palembang itu sendiri, baik dari pemandangannya, tempat rekreasi maupun tempat-tempat bersejarahnya.

Terlepas dari semua kritikan itu, dengan adanya Sea Games di Indonesia diharapkan dapat memberikan keuntungan yang baik, seperti kemajuan tingkat ekonomi di Indonesia karena semua mata pasti tertuju ke Indonesia karena Indonesia menjadi tuan rumah acara bergengsi.

Selain itu jangan membuat semangat Indonesia melemah, jadikan itu sebagai alasan untuk membuktikan seperti apa kemampuan Indonesia. Dan akhirnya itupun terbukti, Indonesia berhasil meraih juara umum SeaGames dengan menyabet 184 emas.

Penutupan Seagames yang diadakan di Palembang juga semegah dan semeriah ketika acara pembukaan. Atlet-atlet dari berbagai negara yang telah berjuang selama masa Seagames pun dihadirkan kembali ditengah lapangan besar yang diiringi oleh penari-penari terbaik. Tak lupa juga Myanmar pun menujukkan tarian dan baju-baju adatnya dalam rangka promosi menyambut Seagames 2013 yang akan diadakan di Myanmar.

Dengan begitu, ayo Indonesia buktikan kembali bahwa kau bisa!

Shared at www.pipitfrita.wordpress.com

TAKE OUT WITH FULL CREDITS